Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Rambut sehat dan kuat merupakan dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Rambut merupakan mahkota kepala yang mampu memberikan rasa percaya diri kepada pemiliknya apabila sehat dan kuat. Namun menjaga rambut tetap sehat dan kuat memang bukan perkara mudah. Maka tak jarang orang melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan rambut yang mereka inginkan. Dan salah satu yang menjadi masalah kebanyakan orang dengan rambutnya adalah kerontokan.

Anda mungkin sering sekali melihat produk-produk kimia yang dijual bebas di toko ataupun supermarket yang berguna untuk merawat rambut. Produk tersebut memberikan berbagai penjelasan menarik dan mengatakan mereka-lah yang terbaik dalam hal cara mengatasi rambut rontok. Produk-produk kimiawi tersebut bisa jadi memang memberikan hasil yang cepat, tetapi bukan tanpa resiko. Bisa saja ketika menghentikan pemakaian, rambut anda kembali seperti semula.

Dan sebaik-baiknnya cara mengatasi rambut rontok adalah menggunakan bahan alami yang aman untuk kepala dan rambut anda. Tentu anda masih bingung, apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara mengatasi rambut rontok secara alami? Untuk itulah artikel ini dibuat guna membantu anda yang masih kesulitan mengatasi masalah rambut rontok anda. Namun, sebelum kita masuk ke pembahasan inti terkait cara mengatasi rambut rontok, ada baiknya kita juga harus mengenal apa saja penyebab rambut rontok.

cara mengatasi rambut rontok

Penyebab Rambut Rontok

Apa perbedaan rambut patah dan rambut rontok? Ya, secara sederhana rambut patah itu ditandai dengan terputusnya rambut pada bagian batang, sedangkan rambut rontok ditandai dengan tercabutnya rambut secar keseluruhan dari bagian akar.

Sebenarnya rambut rontok merupakan fenomena alami yang terjadi pada setiap orang. Hanya saja, yang dikatakan kerontokan rambut ialah rontoknya rambut melebihi dari normal, atau apabila rontok lebih dari 100 helai per hari.

Fase yang dialami oleh rambut hampir sama dengan kulit, ada yang lepas dan ada yang tumbuh baru. Ada tiga fase yang dialami oleh rambut:

  1. Fase anagen, yaitu fase pertumbuhan rambut 2-8 tahun dengan pertambahan 1 cm per bulan.
  2. Fase katagen, yaitu masa berhentinya pertumbuhan rambut
  3. Fase talagen, yaitu fase pelepasan rambut dengan jumlah 1% per hari. Fase talagen ini 10% dari jumlah keseluruhan rambut. Untuk rambut normal, jumlah rambut diantara 100.000-150.000 helai. Katakanlah jumlah helai rambut 100.000 maka fase talagen anda adalah 10.000 helai rambut dengan kehilangan 1% setiap harinya.

Jika rambut anda sehat, maka setelah fase talagen, rambut anda akan kembali ke fase anagen, namun bagi yang mengalami rambut rontok, maka perubahan fase tersebut berlangsung lama atau bahkan tidak berubah sama sekali.

Ada berbagai macam penyebab rambut rontok, namun setidaknya ada 5 penyebab rambut rontok yang terjadi pada umumnya.

  1. Hairstyling
  2. Infeksi jamur
  3. Peradangan atau ketombe pada kulit kepala
  4. Konsumsi obat-obatan
  5. Kemoterapi dan radiasi
  6. Diet yang berlebihan sehingga kurang nutrisi, = kekurangan vitamin, kalori, vitamin B12, mineral (FE, Zinc, Feritin)

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

1. Putih telur

Putih Putih telur juga tak kalah berpengaruhnya dalam mengatasi rambut rontok secara alami. Putih telur mengandung protein yang sangat diperlukan untuk rambut. Anda terlebih dahulu memisahkan putih dan kuning telur, kemudian mengocok putih telur sampai berbentuk pasta. Usapkan secara merata putih telur tersebut pada rambut dan terakhir bilas.

2. Lidah buaya

Ekstrak lidah buaya berguna untuk membantu mengatasi kerontokan rambut secara alami dan cepat. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam lidah buaya mampu mengembalikan tekstur sel-sel kulit yang rusak dan membentuk jaringan rambut baru yang lebih sehat. Anda cukup menyiapkan sepotong lidah buaya dengan daging yang cukup tebal. Belahlah lidah buaya tersebut dan pisahkan antara kulit dan dagingnya. Cuci lidah buaya tersebut hingga lendirnya hilang karena dapat menyebabkan gatal. Anda bisa menambahkan madu untuk mendapatkan hasil maksimal. Setelah itu, usap dan pijat secara perlahan kepala anda menggunakan sampai merata ke seluruh rambut. Diamkan kurang lebih 20 menit dan bilas rambut anda dengan air bersih.

3. Jeruk nipis

Cara mengatasi rambut rontok secara alami yang ketiga adalah dengan menggunakan perasan jeruk nipis. Selain berguna untuk sakit tenggorokan, jeruk nipis ternyata berguna untuk mengatasi rambut rontok dan menghilangkan ketombe di kepala.Yang perlu anda siapkan adalah beberapa irisan jeruk nipis segar dan usapkan ke kulit kepala anda. Diamkan sejenak kurang lebih 15 menit dan terakhir bilas kepala anda sampai bersih.

4. Jahe

Siapa sangka jahe yang terkenal sebagai bahan masakan dan penghangat tubuh juga mampu menjadi solusi cara mengatasi rambut rontok. Langkah pertama untuk melakukannya ialah dengan memarut jahe sampai halus, dan tambahkan minyak wijen dan aduk hingga merata. Campuran ini diusapkan di kulit kepala anda dan kemudian didiamkan kurang lebih 10 menit. Bilas sampai bersih rambut anda.

5. Tomat dan Minyak Zaitun

Anda juga bisa menambahkan bahan masakan lainnya, seperti tomat untuk mengatasi rambut rontok. Caranya satu tomat dihancurkan terlebih dahulu, kemudian tambahkan satu sendok minyak zaitun. Hangatkan campuran tersebut hingga terbentuk seperti krim. Tunggu sejenak sampai dingin dan oleskan di kulit kepala anda. Diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air bersih.

6. Minyak Lavender

Kandungan yang terdapat di minyak lavender dipercaya mampu mengatasi masalah kerontokan pada rambut dan mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Anda cukup mengoleskan minyak lavender ke kulit kepala dan diamkan kurang lebih 15 menit. Anda bisa menerapkan cara mengatasi rambut rontok tersebut secara rutin dua minggu sekali.

7. Minyak Kemiri

Kemiri merupakan salah satu bumbu masakan yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia, terutama untuk rambut. Hal ini dikarenakan kemiri memiliki kandungan 70% minyak. Caranya siapkan beberapa buah kemiri dan tumbuk gepeng. Kemudian sangrai kemiri tersebut. Selanjutnya kembali tumbuk kemiri yang telah di sangrai tadi hingga keluar minyaknya. Setelah dirasa cukup, saring minyak kemiri tersebut dengan saringan dan didapatlah minyak kemiri yang bersih dari ampas. Anda gunakan minyak kemiri tersebut layaknya creambath yang anda gunakan sebelum keramas.

8. Teh hijau

Teh hijau sudah terkenal kaya akan antioksidan, yang bermanfaat mengurangi kerontokan rambut dan memberikan kesegaran di kulit kepala anda. Yang perlu anda lakukan seduh teh hijau menggunakan air panas, lalu diamkan semalaman. Kemudian basuhlah air teh hijau tersebut ke seluruh permukaan rambut, dan terakhir bilas menggunakan air hangat.

9. Seledri

Selederi memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk rambut, seperti kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Nutrisi yang terkandung di dalam seledri mampu menstimulasi pertumbuhan rambut. Siapkan 7-10 batang seledri dan 1 butir telur. Tumbuk seledri sampai halus, lalu campurkan dengan kuning telur. Kuning telur bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat. Setelah itu, basahi dulu rambut anda dan tepuk-tepuk rambut anda dengan handuk hingga airnya berkurang. Oleskan campuran seledri dan kuning telur tadi. Pijat secara lembut kepala anda kurang lebih 5 menit, dan tutup rambut dengan handuk selama 30 menit. Dan terakhir bilas menggunakan air bersih.

10. Bawang Putih

Bawang putih mengandung alisilin tinggi untuk menyuburkan rambut dan mencegah kerontokan. Bersihkan dan belah bawang putih menjadi 2 bagian. Oleskan getah bawang putih tersebut ke rambut dan kulit kepala. Pijat secara lembut dan diamkan sekitar 15 menit. Keramas rambut anda dengan shampo untuk menghilangkan getah bawang putihnya.

11. Santan

Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa santan berguna untuk mengatasi rambut rontok. Caranya siapkan parutan kelapa dan air putih dicampur di sebuah panci. Panaskan air santan itu kurang lebih 15 menit kemudian disaring. Tunggu beberapa saat hingga suhu normal dan oleskan santan tersebut di kulit kepala. Diamkan sejenak kurang lebih 20 menit dan bilas menggunakan air bersih.

12. Air Kelapa Muda

Selain santan, anda juga bisa menggunakan kelapa muda. Kelapa muda mengandung sukrosa, glukosa, dan yang terpenting asam amino, yang baik untuk kesehatan rambut. Caranya dengan belah ujung kelapa muda seperti anda sedang minum kelapa menggunakan batoknya. Masukkan 1 sendok teh garam ke dalam kelapa tersebut dan tutup lagi menggunakan potongan kelapanya. Air kelapa dan garam ini berguna untuk menghilangkan ketombe karena dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala. Embunkan di tempat terbuka selama 1 malam mulai dari jam 7 hingga besok pagi. Setelah itu, usap air kelapa tersebut dengan kapas dan oleskan di kulit kepala. Setelah anda anggap sudah merata, tutup rambut anda dengan handuk agar peresapannya sempurna. Setelah kurang lebih 30 menit, keramas dengan menggunakan shampoo yang ringan untuk rambut. peresapan lebih bagus, keramas seperti biasa dengan shampoo yang ringan untuk rambut.

Demikianlah cara merawat rambut rusak secara alami terbukti ampuh yang bisa anda terapkan sendiri di rumah. Jika anda menerapkannya secara rutin, rambut sehat dan anti rontok pun bukan hanya impian saja, namun itu telah didapat di rambut anda sendiri. Semoga bermanfaat.