10 Tips Diet sehat

Menurunkan berat badan telah menjadi masalah yang populer dimiliki oleh banyak orang, tidak terkecuali laki-laki maupun perempuan. Kebutuhan untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal mendorong beberapa orang untuk berniat menjalankan program diet penurunan berat badan. Namun, banyak juga orang yang gagal dalam menjalani program dietnya. Sehingga untuk mendapatkan kesuksesan dalam program diet anda, berikut adalah tips diet sehat yang dapat anda praktekkan dalam kehidupan keseharian anda.

Mulai dari detik ini

Program diet penurunan berat badan akan berhasil dengan didukung oleh pelaksanaan dari diet itu sendiri. Program diet tidak akan berhasil jika anda hanya menjalaninya dengan niat saja. Mulailah dari detik ini ketika anda sedang membaca tips diet sehat ini. Anda juga perlu menjaga semangat dan tekad anda untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang langsing untuk dapat berhasil dalam program tersebut.

Tetapkan target yang wajar

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka anda perlu menetapkan target yang harus diraih dalam periode tertentu. Anda tidak perlu menargetkan untuk menurunkan berat badan yang terlalu drastic hingga tidak masuk akal. Penurunan berat badan yang terlalu cepat akan berakibat buruk bagi kesehatan.

Target yang wajar untuk diraih juga dapat menambah semangat anda untuk terus menjalani program diet anda. sebagai tambahan semangat, anda dapat memajang pakaian anda yang sekarang masih kekecilan sehingga anda akan termotivasi membuat tubuh anda kurus hingga muat untuk memakai pakaian tersebut.

Hitung jumlah asupan kalori yang masuk

Orang dewasa normal pada umumnya membutuhkan sekitar 1200 sampai 1500 kalori setiap harinya agar tubuh dapat beraktifitas dengan prima. Mengurangi kalori yang masuk dalam tubuh dengan jumlah yang besar seperti mencapai 600 atau 800 kalori setiap harinya dapat membuat metabolisme tubuh berjalan lambat. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh menjadi tidak sehat dan rawan terkena penyakit. Metabolisme yang berjalan secara lambat juga memiliki resiko untuk penimbunan lemak dalam tubuh yang semakin besar. Sehingga aturlah makanan yang masuk ke tubuh agar sesuai dengan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mempercepat waktu makan pagi

Makan pada waktu pagi merupakan waktu yang penting dan tidak boleh dilewatkan. Sarapan dapat membantu tubuh anda untuk mengawali proses metabolisme dalam tubuh. Semakin pagi anda memulai sarapan, maka semakin pagi tubuh anda memproses makanan untuk metabolisme tubuh. Orang-orang yang mengawali makan di waktu pagi lebih memiliki kesempatan untuk membakar lemak dalam tubuhnya sehingga memberinya kesempatan untuk menurunkan berat badan lebih cepat.

Pilih makanan terbaik untuk sarapan

Anda dapat memulai sarapan dengan makanan yang mengandung sekitar 300 sampai 400 kalori. Tentunya bukan makanan yang memiliki kadar lemak tinggi. Anda bisa memilik setangkup roti gandum yang dipanggang dengan sebuah telur dadar yang dimasak kemudian ditambahkan dengan satu mangkuk salad. Dapat juga dengan kombinasi makanan nasi sebanyak 100 gram ditambahkan dengan sepotong ikan kemudian dilengkapi satu mangkuk sayur.

Kunyah makanan hingga 36 kali

Jumlah kunyahan yang anda lakukan ketika makan ternyata berpengaruh terhadap proses penyerapan makanan yang anda konsumsi. Semakin banyak dan lama anda mengunyah maka, makanan tersebut akan semakin mudah dicerna dalam metabolisme. Makanan yang dikunyah dalam waktu lama juga akan membantu anda untuk memberikan waktu kepada pencernaan anda sehingga anda akan dapat merasa kenyang tanpa harus makan makanan dengan jumlah kalori yang banyak.

Banyak-banyak konsumsi air putih

Air putih sangat penting dalam proses metabolisme tubuh. Konsumsi air putih yang dianjurkan adalah sebanyak 1.5 liter atau kurang lebih 8 sampai 10 gelas setiap hari. Konsumsi air putih akan melancarkan pencernaan dan membantu penyerapan sari-sari makanan dalam tubuh. Konsumsi air putih yang banyak juga mampu membantu kerja ginjal. Apabila anda terbiasa mengkonsumsi air putih sebanyak 1.5 liter setiap harinya, anda akan mampu menurunkan berat badan sekitar 2.5 kg dalam waktu satu tahun.

Olah raga rutin

Olah raga yang dilakukan secara rutin dalam waktu sekitar 60 sampai 90 menit setiap tiga atau empat kali seminggu dapat membantu anda mendapatkan tubuh yang langsing. Lari pagi dan jalan-jalan akan efektif dalam membakar lemak-lemak dalam tubuh anda. Berjalan kaki di sekitar rumah atau kantor atau menggunakan tangga ketika bekerja juga dapat memberikan kesempatan bagi tubuh anda untuk berolah raga kecil-kecil untuk membakar lemak dalam tubuh.

Perbanyak konsumsi serat

Serat sangat penting bagi tubuh untuk membantu menghilangkan konsentrasi lemak dalam tubuh. Semakin banyak serat yang dikonsumsi oleh tubuh maka pencernaan akan semakin lancar. Orang dewasa pada umumnya memerlukan serat sekitar 21 gram setiap harinya. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran untuk mendapatkan asupan serat yang seimbang setiap harinya.

Buah dan sayur saja tidak cukup

Apabila anda hanya mengkonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran saja, anda akan mudah merasa lapar dan ingin mengkonsumsi makanan tambahan. Untuk itu anda dapat memasukkan protein dalam jumlah sekitar 15% sampai 20% dari jumlah makanan di menu diet sehat anda. Pencernaan manusia membutuhkan protein untuk proses metabolisme. Protein juga akan memberikan anda energi yang dibutuhkan untuk beraktifitas setiap harinya.

Itulah 10 tips diet sehat yang bisa anda lakukan untuk mensukseskan program diet anda. Diet yang berhasil selain menambah nilai penampilan juga akan membuat anda semakin sehat.
Description: 10 Tips Diet sehat
Rating: 4.5
Reviewed by: Bail Jason
On: 8:31 PM
Powered by Blogger.
TOP