3 Cara Mengobati Sakit Kepala Saat Haid Dengan Cepat Dan Aman

Salah satu gangguan yang sering di alami wanita saat sedang haid adalah sakit kepala. Rasa sakitnya bisa berdenyut pada bagian kepala dekat kening atau hanya sakit pada salah satu bagian sisi kepala (migraine) dan yang paling sering terjadi adalah sakit kepala jenis migraine.

Penyebab Sakit Kepala Saat Haid

Mengapa sakit kepala saat haid ini bisa terjadi? Menurut dokter, sakit kepala migraine pada wanita yang sedang haid terjadi akibat dampak meningkatnya kadar hormon estrogen dalam tubuh.
Dalam jumlah yang normal, hormon estrogen memang akan terus di produksi oleh sistem reproduksi wanita yang berfungsi dalam mengatur kinerja organ-organ reproduksi. Namun jika di produksi dalam jumlah yang berlebih maka akan berdampak pada munculnya migraine, atau dalam bahasa medisnya di sebut dengan catamenial.

Cara Mengobati Sakit Kepala Saat Haid

Cara mengobati sakit kepala saat haid dengan cepat dan aman bisa di lakukan sendiri tanpa harus menggunakan obat-obatan atau pergi ke dokter. Karena biasanya sakit kepala ini hanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya. Namun untuk meredakan rasa sakit yang di alami, anda bisa melakukan beberapa tindakan perawatan sebagai berikut.

1. Kompres Dengan Es
Sakit kepala terjadi akibat adanya peningkatan ketegangan otot-otot pada bagian kepala dan leher. Hal ini bisa di atasi dengan mengompresnya menggunakan es batu. Suhu dingin yang di hasilkan oleh es batu akan membuat otot-otot yang tegang menjadi lebih rileks.

Caranya adalah dengan membungkus es batu menggunakan handuk berbahan lembut kemudian di tempelkan pada bagian kepala yang sakit. Tahan beberapa saat hingga di rasa sakitnya mereda.

2. Relaksasi
Cara mengobati sakit kepala saat haid dengan cepat dan aman juga bisa di lakukan dengan melakukan latihan relaksasi. Cara ini cukup ampuh untuk melemaskan otot-otot yang kaku pada bagian kepala. Latihan relaksasi dapat di lakukan dengan duduk tenang seperti posisi meditasi kemudian lakukan  latihan pernafasan. Tarik nafas dalam-dalam dari hidung, tahan beberapa saat kemudian lepaskan. 

Ulangi latihan pernafasan ini sambil berusaha menenangkan pikiran anda. Anda juga bisa menambahkan aroma terapi pada ruangan tempat anda melakukan relaksasi untuk membangun suasana yang tenang dan rileks.

3. Minuman Penahan Nyeri
Cara mengobati sakit kepala saat haid dengan cepat dan aman yang terakhir yaitu dengan meminum minuman penahan nyeri. Cara ini bisa anda gunakan jika setelah melakukan cara ke 1 dan ke 2 namun sakit kepala yang anda rasakan belum juga hilang. Minuman ini bisa anda dapatkan di apotek-apotek terdekat.

Jika ingin menggunakan cara yang lebih alami, anda juga bisa menggunakan ramuan kunyit dan asam Jawa. Kedua bahan ini di percaya mampu membuat haid lebih lancar dan menekan produksi hormon yang berlebih. Cara membuatnya adalah dengan memarut beberapa jari kunyit hingga halus, kemudian rebus dengan 3 gelas air. Tambahkan asam Jawa dan gula merah secukupnya. Tunggu hingga mendidih dan menyisakan satu gelas saja. Kemudian anda minum pada pagi dan sore hari hingga haid anda tuntas dan sakit kepala anda hilang.

Perlu anda perhatikan bahwa gejala sakit kepala saat sedang haid ini biasanya hanya terjadi dalam kurun waktu 2 hari sebelum dan sesudah haid. Jika sakit kepala yang anda alami terus berlangsung selama berhari-hari maka ada kemungkinan terjadinya kelainan hormonal. Hal ini tidak bisa di tangani sendiri. Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter ahli sesegera mungkin.

Semoga bermanfaat.
Description: 3 Cara Mengobati Sakit Kepala Saat Haid Dengan Cepat Dan Aman
Rating: 4.5
Reviewed by: Bail Jason
On: 11:24 PM
Powered by Blogger.
TOP