5 Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Bayi Secara Alami Dan Aman

Merawat seorang bayi memang membutuhkan ketelatenan yang ekstra. Sebagai seorang ibu anda harus tanggap dan berwawasan luas dalam mengenali berbagai perubahan kesehatan yang ada pada bayi anda. Terutama pada saat usia bayi belum genap mencapai usia 1 tahun, masa tersebut merupakan masa paling rentan terjadinya berbagai penyakit karena daya tahan tubuh bayi yang belum sempurna.

Salah satu penyakit yang bisa menyerang bayi adalah sakit mata atau konjungtivis, penyebabnya bisa di karenakan infeksi bakteri atau bisa juga karena reaksi alergi. Sakit mata pada bayi cenderung lebih mudah di deteksi. 

Biasanya tanda-tanda terjadinya sakit mata pada bayi bisa di lihat dari perubahan warna yang terjadi pada membran mukosa yang ada pada kelopak mata. Sakit mata pada bayi juga biasanya menyebabkan ekskresi cairan mata (belek) yang berlebih. Jika ini terjadi pada bayi anda, maka segeralah lakukan tindakan pengobatan.

Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Bayi
Untuk melakukan penanganan pada sakit mata bayi, anda terlebih dahulu harus melihat seberapa parah gejala yang muncul. Jika mata bayi memerah di sertai dengan pembengkakan, maka langkah yang paling tepat adalah dengan melakukan pengobatan medis ke dokter.

Namun jika gejala yang terjadi di rasa cukup ringan, maka anda bisa melakukan pengobatan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami yang aman untuk bayi.

1. Bersihkan Dengan Kapas
Cara mengatasi sakit mata pada bayi secara alami dan aman harus di awali dengan membersihkan mata terlebih dahulu. Gunakan kapas berbahan lembut untuk menghilangkan kotoran yang keluar dari bagian ujung mata. Agar tidak terjadi iritasi, sebelumnya anda bisa membasahi kapas dengan air hangat yang steril untuk menghindari terjadinya gesekan. Lakukan dengan lembut dan perlahan-lahan.

2. Air Hangat Dan Madu
Setelah mata bayi di bersihkan anda  bisa memberikan pengobatan secara alami dengan menggunakan madu. Khasiat madu yang dapat berperan sebagai anti bakteri dan anti inflamasi terbukti cukup ampuh untuk mengatasi sakit mata pada bayi. Madu juga dapat meredakan peradangan yang terjadi di sekitar mata. Gunakan kapas yang telah di rendam dengan air hangat, kemudian celupkan ke dalam madu murni. Setelah itu kompreskan pada mata bayi anda yang sakit. Cara ini sebaiknya di lakukan pada saat bayi anda sedang tidur.

3 Daun Sirih
Daun sirih sudah sangat terkenal khasiatnya sebagai bahan alami yang ampuh untuk membasmi berbagai bakteri penyebab penyakit. Daun sirih juga bisa di gunakan untuk mengobati sakit mata pada bayi. Caranya hampir sama dengan mengobati sakit mata pada orang dewasa yaitu dengan merebus beberapa helai daun sirih kemudian oleskan pada bagian mata yang sakit. Gunakan kapas berbahan lembut dan lakukan dengan perlahan-lahan.

4. Biji Kemangi
Cara mengatasi sakit mata pada bayi secara alami dan aman selanjutnya dapat di lakukan dengan menggunakan biji kemangi. Caranya yaitu dengan merebus biji kemangi yang telah di haluskan kemudian gunakan sebagai kompres pada mata bayi yang sakit. Anda bisa menggunakan handuk berbahan lembut atau kapas. Cara ini juga sebaiknya di lakukan pada saat bayi sedang tertidur.

5. Hindari Pemicu Alergi

Langkah terakhir dalam mengatasi sakit mata pada bayi adalah dengan menjauhkan bayi dari benda atau zat yang menjadi pemicu terjadinya alergi. Sakit mata pada bayi tidak selamanya terjadi karena infeksi bakteri, ia bisa juga muncul sebagai reaksi alergi terhadap benda atau zat asing yang masuk ke dalam mata semisal shampoo, sabun, bedak dan lain sebagainya. Ketahuilah apa yang menjadi penyebab alergi pada mata bayi anda kemudian hindarilah penggunaan bahan tersebut.
Description: 5 Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Bayi Secara Alami Dan Aman
Rating: 4.5
Reviewed by: Bail Jason
On: 11:27 PM
Powered by Blogger.
TOP