5 Cara Tepat Menjalani Pola Diet Sehat

Banyak orang yang menginginkan tubuh yang ideal dan langsing. Memiliki tubuh yang ideal dan langsing dapat diperoleh dengan pola gaya hidup sehat yang seimbang nutrisinya serta diimbangi dengan aktifitas tubuh seperti olah raga. Tubuh yang ideal didapatkan dari pengaturan makanan dalam menu diet sehat.

Menu diet yang sehat sebaiknya selalu diterapkan dalam hidup untuk mendukung penampilan tubuh serta kesehatan dari tubuh itu sendiri. Diet dikatakan sukses ketika kebiasaan seperti makan yang diatur dalam menu diet sehat menjadi kebiasaan yang tetap dijalani walaupun tubuh telah dalam keadaan yang ideal.

Makanan yang dianjurkan untuk dipilih sebagai makanan dalam menu diet sehat adalah makanan yang tidak termasuk dalam junk food atau seperti makanan instan. Makanan tersebut juga secara umum tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol yang tinggi yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Jenis-jenis makanan yang dianjurkan menjadi menu diet sehat adalah sebagai berikut:

1. Tidak Mengandung Gula

Zat gula yang masuk ke tubuh akan memicu produksi hormon insulin. Hormon insulin bekerja dalam tubuh sebagai fungsi metabolisme gula sehingga zat-zat berguna dalam gula dapat diserap oleh tubuh. Ketika tubuh mengkonsumsi banyak gula, produksi hormon insulin dalam tubuh akan tidak terkontrol, sehingga fungsi hormon insulin dalam metabolisme gula akan semakin berkurang.

Hal ini disebabkan adanya ketidakpekaan tubuh terhadap insulin. Apabila tubuh mengalami kondisi semacam ini, tubuh akan lebih berpotensi untuk menderita kegemukan, penyakit jantung koroner, diabetes, penyakit darah tinggi, maupun stroke. Jika anda menginginkan rasa manis pada makanan anda, anda dapat mengganti gula putih dengan gula aren. Gula aren lebih sehat dibandingkan gula putih yang biasa digunakan sehari-hari. Gula aren terbuat dengan cara alami dari bahan yang berasal dari alam.

2. Mengganti karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks

Zat karbohidrat kompleks merupakan zat karbohidrat yang memiliki banyak kandungan serat, sehingga kadar gula dalam darah akan cenderung stabil. Makanan yang termasuk dalam karbohidrat kompleks misalnya adalah beras merah, kentang dan roti gandum utuh. Selain kandungan serat, bahan makanan yang mengandung zat karbohidrat kompleks ini memiliki vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh.

Misalnya adalah beras merah yang mengandung vitamin B komples selain juga mengandung serat yang berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Orang yang mengkonsumsi karbohidrat kompleks akan lebih memiliki energi untuk beraktifitas selama satu hari, tubuh juga akan lebih produktif dan memiliki stamina yang baik untuk beraktifitas seharian penuh. Zat karbohidrat komples juga lebih sulit untuk disimpan sebagai cadangan lemak, sehingga tubuh akan terlihat lebih ideal dan langsing. Makanan yang mengandung zat karbohidrat kompleks juga dapat membantu tubuh untuk menghilangkan selulit.

3. Konsumsi buah sebelum makan

Makanan ringan yang paling baik untuk dikonsumsi oleh tubuh adalah buah-buahan. Buah-buahan memiliki banyak kandungan air yang membuat perut cepat merasa kenyang. Buah juga merupakan menu diet sehat yang baik dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Dalam menu diet sehat untuk satu hari, sebaiknya tubuh mengkonsumsi dua jenis buah yang berbeda agar tidak cepat bosan.

Buah juga dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman jus yang sehat, namun tentunya dengan tidak menggunakan gula sebagai campurannya. Konsumsi buah sebelum makan dalam tatanan menu diet sehat berguna agar perut lebih cepat merasa kenyang, sehingga kalori yang masuk ke tubuh akan menjadi lebih sedikit. Kandungan vitamin serta mineral yang ada dalam buah juga akan membantu tubuh untuk melancarkan proses metabolisme. Tubuh juga akan menjadi lebih sehat dan lebih tahan terhadap serangan penyakit.

4. Hindari minyak dari gorengan

Makanan yang telah mengalami proses penggorengan akan mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Konsentrasi kadar kolesterol jahat dalam darah akan meningkat seiring dengan jumlah konsumsi makanan gorengan yang masuk ke tubuh. Kolesterol jahat dalam darah berpotensi dalam menimbulkan penyakit berat dalam tubuh seperti penyakit jantung, penyakit darah tinggi maupun penyakit berat lainnya.

5. Olah raga rutin

Terakhir, setelah anda memilih makanan yang tepat menjadi asupan makanan anda setiap hari maka anda perlu membuat tubuh anda untuk terus bergerak setiap hari. Untuk melengkapi gaya hidup sehat dan menu diet sehat, maka olah raga rutin yang dilakukan setiap hari adalah kegiatan yang tepat.

Menjaga tubuh untuk selalu beraktifitas walaupun hanya berupa aktifitas kecil seperti jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah, naik tangga di kantor dan sebagainya akan membuat tubuh anda selalu membakar kalori secara rutin walaupun hanya dalam jumlah sedikit. Olah raga seperti lari pagi juga baik dilakukan sambil menikmati udara pagi yang sejuk dan bersih, anda dapat menggerakkan tubuh anda.

Pola gaya hidup sehat sebagai pola diet yang sehat didukung oleh pemilihan menu diet sehat akan menjadikan tubuh anda menjadi lebih sehat dan bugar serta mampu mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Tubuh yang sehat dan ideal tidak didapatkan dengan cara-cara perlakuan yang instan.

Jadikan pola hidup sehat yang didukung oleh asupan makanan dalam menu diet sehat serta olah raga yang teratur menjadi pola hidup yang selalu dilakukan oleh tubuh secara tetap. Pola hidup yang sehat akan memberikan anda tubuh yang lebih sehat dan menghindarkan diri anda dari penyakit-penyakit berat yang mampu menyerang anda. Hidup sehat adalah pilihan anda.
Description: 5 Cara Tepat Menjalani Pola Diet Sehat
Rating: 4.5
Reviewed by: Bail Jason
On: 8:29 PM
Powered by Blogger.
TOP