5 Langkah Diet Sehat Golongan Darah A

Mungkin Anda sudah pernah mendengar berbagai macam cara diet yang terkenal di masyarakat. Bagaimana dengan diet golongan darah? Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ini, atau malah sebagian dari Anda sudah mempraktekkan diet ini.

Biasanya muncul pertanyaan, bagaimana golongan darah dapat berhubungan dengan pola makan kita. Beberapa ahli melihat bahwa fenomena hubungan golongan darah manusia dan pola makannya  ini masuk akal. Darah sangat penting bagi kehidupan manusia. Darah berguna sebagai ‘alat transportasi’ yang membawa sari makanan, oksigen, karbon dioksida, dan zat-zat kimia untuk diedarkan ke seluruh organ tubuh, sehingga apa yang kita makan akan bereaksi dengan darah dan organ lainnya.

Menurut Dr. Peter J. D’Adamo, seorang naturopatis dari Amerika mulai memperkenalkan diet golongan darah ini pada tahun 1996. Buku beliau yang berhubungan dengan diet golongan darah yaitu “Eat Right for Your Type”, menerangkan bahwa setiap golongan darah dalam tiap individu akan menimbulkan reaksi berbeda terhadap suatu zat yang dapat menggumpalkan darah jika kita memakan makanan yang tidak cocok dengan suatu golongan darah, zat tersebut dinamakan zat lectin. Zat lectin ini berasal dari makanan baik makanan hewani maupun nabati. Tidak hanya itu, golongan darah juga dipercaya untuk membaca karakter manusia.

Menurut D’Adamo, reaksi golongan darah terhadap makanan tertentu berhubungan dengan kebiasaan dari nenek moyang manusia terdahulu. Nenek moyang yang lebih tua, hidup dengan berburu cenderung bergolongan darah O. Nenek moyang selanjutnya mengembangkan cara bercocok tanam untuk mendapat makanan dan cenderung bergolongan darah A.  kemudian muncul nenek moyang yang lebih canggih dan kreatif dan mulai beternak untuk mendapatkan susu, nenek moyang ini cenderung bergolongan darah B. Akhirnya muncul golongan darah AB yang merupakan gabungan dari sifat golongan A dan B.

Diet ini bertujuan untuk menjaga kesehatan masing-masing golongan darah, khususnya golongan darah A seseuai dengan karakter golongan darahnya.

Tips Diet Untuk Si A

1. Makanlah Makanan  Yang Berasal Dari Tumbuhan

Dari uraian di atas, nenek moyang golongan darah  A sudah mengembangkan cocok tanam untuk mendapatkan. Sebagai petani atau masyarakat agraris, mereka terbiasa makan makanan yang berasal dari tumbuhan. Sehingga tubuh mereka juga telah beradaptasi dengan baik dengan bahan makanan yang berasal dari tumbuhan. Diet golongan darah A yang tepat adalah menjadi vegetarian.

Setelah dipelajari, orang dengan golongan darah A lebih cocok mengonsumsi tumbuhan, terutama karbohidrat karena mereka cenderung mempunyai asam klorida yang rendah di lambung, sedangkan disakarida tinggi di dalam usus. Namun jika Anda kesulitan untuk tidak makan daging atau telur, Anda dapat menguranginya dari sekarang, sedikit demi sedikit. Mulai perbanyak menu Anda dengan sayur, dan kacang-kacangan sebagai sumber protein. Ganti camilan Anda yang biasa dengan buah atau sayur rebus

2. Kurangi Stres

Orang dengan golongan A mempunyai kadar hormon kortisol tinggi, sehingga merka rentan terhadap stres. Stres akan mengganggu pekerjaan atau cara belajar Anda. Selain itu, stres dapat memicu penambahan berat badan karena hormon kortisol dapat memicu rasa lapar yang berlebihan. Jadi mulai atur lagi jadwal Anda, usahakan jangan menunda pekerjaan agar hari-hari Anda tidak semakin rumit.

3. Olah Raga dan Relaksasi Teratur

Olah raga adalah hal yang sangat disarankan bagi golongan darah A. Olah raga dapat melatih otot dan dapat membantu membuat pikiran menjadi lebih jernih. Jenis olah raga yang disarankan bagi orang dengna golongan darah A adalah yoga atau tai chi. Olah raga jenis ini memadukan olah tubuh yang membakar kalori, latihan pernafasan, dan relaksasi yang akan sangat membantu bagi si A. Olah raga yang sangat menguras tenaga tidak dianjurkan bagi orang dengan golongan darah A, karena dapat memicu stres.

4. Konsumsi Hasil Laut

Hasil laut atau seafood adalah makanan yang baik bagi kesehatan terutama bagi golongan darah A. Seafood adalah sumber protein dan mineral-mineral yang dibutuhkan tubuh. Orang dengan golongan darah A disarankan untuk memakan seafood dua atau tiga kali seminggu. Perlu diingat, ikan yang berdaging putih sebaiknya dihindari, seperti ikan flounder, karena lektin dalam ikan jenis ini tidak baik untuk pencernaan golongan darah A. Seafood dengan kulit keras seperti kepiting juga sebaiknya dihindari.

5. Tambahkan Rempah-Rempah

Rempah-rempah sangat baik untuk orang dengan golongan darah A. Karena golongan darah A rentan terhadap stres, mereka juga rentan terhadap beberapa penyakit. Rempah-rempah dapat membantu golongan darah A untuk membentuk kekebalan tubuh yang lebih baik. Beberapa aroma rempah-rempah juga dapat digunakan sebagai aromaterapi yang mengurangi stres. Rempah-rempah juga dapat digunakan sebagai antibiotik alami.

Kelima langkah tersebut adalah langkah yang dianjurkan untuk diet golongan darah A, namun lingkupnya masih sempit. Meskipun diet golongan darah ini populer di masyarakt, langkah-langkah diet tersebut masih dalam proses penelitian lebih lanjut oleh ahli kedokteran karena cara diet ini masih dianggap subjektif, cara diet ini masih berdasarkan pengalaman pencetus cara diet tersebut. Anda boleh saja mengikuti cara tersebut.

Selain dapat mengikuti langkah-langkah diatas, ada baiknya juga Anda mengikuti cara-cara menjaga kesehatan dan berat badan lain yang sifatnya universal, universal dalam arti cara tersebut dapat gunakan oleh semua kalangan. Misalnya saja diet nutrisi seimbang yang sudah terbukti manfaatnya di kalangan kedokteran, agar Anda tidak kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
Description: 5 Langkah Diet Sehat Golongan Darah A
Rating: 4.5
Reviewed by: Bail Jason
On: 8:36 PM
Powered by Blogger.
TOP