5 Makanan Penambah Hb Darah Yang Rendah

Hemoglobin atau Hb memiliki fungsi sebagai pengikat oksigen dalam darah. Senyawa ini bertanggunjawab terhadap distribusi oksigen ke seluruh tubuh yang di angkut oleh darah dan membawa zat sisa berupa karbondioksida kembali ke paru-paru. 

Apabila darah anda mengalami kekurangan Hb, maka proses distribusi oksigen dan pengangkutan kembali zat sisa berupa karbondioksida ini akan menjadi terganggu. Jika demikian, maka tinggal menunggu waktu saja hingga berbagai gangguan kesehatan dan penyakit akan datang menyerang anda. Maka dari itulah Hb dalam darah harus di jaga agar jumlahnya tetap seimbang.

Berikut ini adalah skala Hb normal pada manusia:
  • Pria dewasa : 14-18
  • Wanita dewasa: 12-16
  • Wanita hamil: 11-12
  • Bayi: 11-14
  • Anak-anak: 11-12

Gejala Kekurangan Hb
Gejala kekurangan Hb biasanya di tandai dengan rasa pusing, lemas, sesak napas, dan detak jantung yang tidak beraturan. Kekurangan Hb juga biasanya di dapat di kenali dari perubahan beberapa perubahan fisik yang mencolok seperti rambut rontok, ujung jari yang kehilangan rona (kemerah-merahan), serta kelopak mata dan wajah yang pucat. Jika berbagai gejala ini terjadi pada anda, maka bisa di sinyalir bahwa ini merupakan gejala kekurangan Hb.

Makanan Penambah Hb Darah
Kekurangan Hb dapat di atasi dengan memperbaiki pola makan. Anda bisa mengonsumsi makanan penambah Hb darah yang bisa anda temui dengan mudah. Beberapa di antaranya bahkan sudah sering masuk ke dalam menu makanan anda sehari-hari hanya saja anda belum mengetahui khasiatnya.
Berikut ini adalah 5 makanan penambah Hb darah yang bisa anda konsumsi untuk meningkatkan jumlah Hb darah anda yang rendah

1. Sayuran Hijau
Untuk bisa meningkatkan jumlah Hb dalam darah anda perlu menyuplai tubuh dengan makanan yang mengandung zat besi (fe) yang tinggi. Dari sekian banyak sumber zat besi yang ada, sayuran hijau adalah pilihan terbaik yang pertama. Sayuran hijau bisa di gunakan sebagai makanan penambah Hb yang sangat baik karena kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya jauh lebih mudah di serap oleh tubuh bila di bandingkan dengan sumber zat besi yang lain.

Beberapa sayuran hijau terbaik untuk menambah Hb darah di antaranya seperti bayam, kubis, lobak, asparagus dan brokoli. Agar khasiatnya lebih maksimal berbagai sayuran tersebut harus di masak dengan cara di kukus. Hindari memasaknya dengan cara di tumis atau di rebus terlalu lama karena bisa menyebabkan kandungan zat besi di dalamnya menguap.

2. Daging Sapi
Daging sapi juga bisa menjadi makanan penambah Hb darah yang rendah karena kandungan zat besi dalam daging sapi yang cukup tinggi. Namun konsumsi daging sapi sebaiknya tidak di lakukan dalam jangka waktu yang terlalu panjang. Anda hanya boleh menggunakan daging sapi sebagai selingan.

3. Kacang-kacangan
Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam dan kacang almond juga cukup baik untuk menambah Hb darah yang rendah. Kacang-kacangan ini selain mengandung zat besi yang tinggi juga mengandung asam float yang berfungsi untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

4. Buah-buahan
Buah-buahan yang bisa di gunakan sebagai makanan penambah Hb diantaranya yaitu kismis, apricot, jambu biji merah, jeruk bali dan apel. Semua buah-buahan penambah Hb ini sangat aman untuk di konsumsi setiap hari.

5. Hati Ayam

Makanan penambah Hb darah yang terakhir adalah hati ayam. Kandungan zat besi dan vitamin C dalam hati ayam yang tinggi bisa di serap oleh tubuh dengan cepat, sehingga Hb darah anda akan segera meningkat setelah beberapa kali mengonsumsi hati ayam.
Description: 5 Makanan Penambah Hb Darah Yang Rendah
Rating: 4.5
Reviewed by: Bail Jason
On: 11:30 PM
Powered by Blogger.
TOP