5 Manfaat Makanan Probiotik Untuk Kesehatan Pencernaan


Makanan probiotik adalah istilah yang sering digunakan bagi makanan yang di dalamnya terkandung bakteri hidup yang dapat berguna untuk membantu proses pencernaan pada manusia.  Probiotik juga sering di pakai sebagai istilah untuk menyebut berbagai jenis bakteri yang aktivitasnya dapat memberikan keuntungan pada sistem pencernaan manusia. 

Salah satu bakteri yang sering di gunakan dalam berbagai makanan probiotik berasal dari jenis L. Casei Shirota strain. Bakteri ini dapat menjalin kerjasama biologis yang saling menguntungkan jika di masukkan ke dalam sistem pencernaan manusia. Berbagai manfaat yang bisa di peroleh dengan mengonsumsi makanan probiotik di antaranya,

1. Menekan Jumlah Bakteri Jahat Dalam Usus
Manfaat makanan probiotik yang pertama untuk kesehatan pencernaan anda adalah khasiatnya untuk mengontrol perkembangan jumlah bakteri jahat di dalam usus. Bakteri jahat adalah istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai jenis bakteri pembusuk yang dalam jumlah normal memang di perlukan dalam proses pencernaan, salah satunya yang paling banyak terdapat di usus adalah bakteri E. coli. Jika jumlah E. coli meningkat di dalam usus maka anda akan mengalami sakit perut, diare, dan muntah-muntah.

Namun jika ada faktor pemicu yang masuk seperti makanan yang tidak higienis dan kotor maka jumlah bakteri jahat ini akan meningkat dan menyebabkan sakit perut. Nah pada saat inilah bakteri probiotik di butuhkan. Dengan kehadiran bakteri probiotik dalam usus anda, maka kelebihan jumlah bakteri jahat ini tidak akan terjadi.

2. Memaksimalkan Penyerapan Nutrisi
Makanan probiotik mengandung bakteri yang dapat membantu proses pencernaan protein dan lemak yang cenderung lebih sulit di cerna oleh usus. Enzim yang di hasilkan oleh bakteri probiotik ini memiliki kemampuan untuk memecah struktur protein dan lemak menjadi lebih sederhana sehingga lebih mudah di serap oleh usus.

3. Mengontrol Derajat Keasaman Usus dan Lambung

Derajat keasaman berlebih pada usus dan lambung berpotensi menimbulkan berbagai gangguan seperti tukak lambung, perut kembung, dan peradangan pada usus. Dengan adanya bakteri probiotik yang memiliki fungsi sebagai pengontrol derajat keasaman dalam usus maka hal ini dapat di cegah.

4. Melancarkan Pencernaan
Makanan probiotik juga memiliki peranan dalam melancarkan proses pencernaan hingga proses di keluarkannya zat sisa pencernaan melalui feses. Salah satu jenis bakteri probiotik yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan pada manusia berasal dari jenis Lactobacillus sp yang bisa anda temui dalam produk-produk hasil fermentasi susu seperti yakult dan yogurt. Kedua makanan probiotik ini sangat di sarankan untuk di konsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan anda.

5. Menjaga Kesehatan Usus
Usus adalah organ dalam sistem pencernaan manusia yang tidak pernah berhenti bekerja. Sedikit saja terjadi ketidak seimbangan maka fungsi usus sebagai penyerap nutrisi dari makanan akan terganggu. Salah satu bagian usus yang sangat penting untuk selalu di jaga adalah usus halus yang secara terus menerus menyerap sari makanan hasil pencernaan.

Dengan mengonsumsi makanan probiotik maka kinerja usus halus anda akan menjadi lebih ringan karena fungsi bakteri yang dapat memecah berbagai zat makanan yang tidak dapat di cerna dengan sempurna oleh lambung. Selain itu bakteri probiotik juga berperan dalam menjaga kebersihan usus dari tumpukan lemak dan zat beracun lainnya yang masuk bersama makanan. Dengan demikian maka usus anda akan menjadi lebih sehat.


Itulah 5 manfaat makanan probiotik untuk kesehatan pencernaan anda. Semoga bermanfaat.
Description: 5 Manfaat Makanan Probiotik Untuk Kesehatan Pencernaan
Rating: 4.5
Reviewed by: Bail Jason
On: 11:33 PM
Powered by Blogger.
TOP