6 Bahan Menu Diet yang Bermanfaat untuk Anda Bergolongan Darah B

Anda termasuk orang yang bergolongan darah B? Golongan darah B sering disebut sebagai golongan darah universal dan juga tidak terlalu banyak aturan soal makanan. Anda yang bergolongan darah B diperbolehkan mengkonsumsi makanan apa saja karena golongan darah B tidak termasuk ke dalam golongan darah yang memiliki banyak pantangan. Meski demikian, Anda para pemilik golongan darah B tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daging jenis unggas-unggasan. Tambahkan asupan protein dengan jenis protein lainnya seperti misalnya berbagai jenis olahan/ produk susu.

Dalam sebuah buku karangan Dr. Peter D’Adamo yang berjudul Eat Right for Your Type, para pelaku diet sebaiknya mengkonsumsi makanan-makanan yang bermanfaat untuk jenis golongan darah mereka. Nah, untuk Anda yang bergolongan darah B,  Anda memiliki fleksibilitas soal urusan makanan, sama seperti yang sudah disebutkan di paragraf sebelumnya. Kira-kira apa saja makanan yang bermanfaat untuk diet Anda. Silahkan Anda simak infonya berikut ini.

Jenis pemanis

Terdapat beberapa jenis pemanis yang sangat bermanfaat untuk Anda yang bergolongan darah B.  Salah satunya adalah sirup maple dan molase. Sedang pemanis seperti madu bersifat netral yang artinya boleh dikonsumsi karena tidak akan membawa dampak buruk atau berbahaya. Madu juga tidak memiliki nutrisi khusus yang bermanfaat untuk tubuh bergolongan darah B. Lantas, apakah ada pemanis yang harus dihindari? Tentu saja ada pemanis yang wajib Anda hindari yaitu pemanis buatan dan stevia pemanis alami.

Sumber protein

Anda pelaku diet yang bergolongan darah B wajib menghindari bahan makanan daging seperti daging ayam dan udang. Untuk memenuhi asupan protein tubuh Anda, silahkan Anda konsumsi ikan salmon, daging rusa, daging domba, daging kelinci, dan ikan sarden. Namun jika Anda ingin menambahkan daging sapi, daging kalkun, dan telur sebagai alternatif menu diet Anda. Akan tetapi daging sapi, telur, dan daging kalkun tidak memberi Anda nilai nutrisi pada tubuh Anda.  Nah, Anda juga sebaiknya jangan terlalu sering dan terlalu banyak mengkonsumsi kacang-kacangan.

Keju dan susu

Perlu Anda ketahui bahwa seseorang dengan golongan darah B mempunyai intelorenasi terhadap laktosa. Anda para pelaku diet yang bergolongan darah B diperbolehkan mengkonsumsi susu yang rendah lemak, keju susu kambing, dan keju mozzarella. Sedang yoghurt dan kefir yang banyak mengandung prebiotik tinggi sangat baik dan bermanfaat untuk Anda khususnya untuk sistem pencernaan Anda. Ada referensi susu lainnya yang boleh Anda konsumsi, yaitu susu beras dan Feta keju.

Tepung dan biji-bijian

Anda para pemilik golongan darah B perlu berhati-hati dengan makanan yang berbahan tepung karena dapat berpotensi tingkatkan berat badan secara cepat. Sebut saja bahan makanan jagung, soba dan gandum. Sebaliknya, Anda diperbolehkan mengkonsumsi nasi karena nasi di sini termasuk sumber karbohidrat yang bersifat netral. Lantas, jenis karbohidrat apa yang bermanfaat untuk pemilik golongan darah B? Terdapat dua jenis sumber karbohidrat yang sangat baik untuk dijadikan menu diet bagi Anda yang bergolongan darah B, yaitu oat gandum dan spelt. Dan jenis karbohidrat yang wajib Anda hindari selama Anda menjalankan program diet adalah mie yang terbuat dari gandum soba.

Sayuran dan buah-buahan

Sama seperti beberapa bahan makanan di atas, untuk jenis sayur dan buah, terdapat tiga jenis katergori, yaitu kategori bermanfaat, netral, dan dihindari. Nah, untuk Anda yang bergolongan darah B, jenis buah dan sayur yang sebaiknya Anda hindari adalah buah tomat dan sayuran hijau. Sementara itu, jenis sayuran dan buah-buahan yang termasuk dalam sayur dan buah yang bermanfaat untuk golongan darah B adalah  brokoli, wortel, ubi jalar, kacang lima, bawang, kubis Brussel, pisang, semangka, dan nanas. Beberapa jenis buah dan sayuran yang disebutkan tadi dapat melawan berbagai  jenis penyakit.

Rempah dan minyak

Jika ditanya jenis minyak apa yang sangat bermanfaat untuk orang bergolongan darah B? jawabannya adalah minyak biji rami dan minyak zaitun. Sedangkan semua jenis rempah-rempah bersifat netral untuk dieter yang bergolongan darah B. Namun tetap saja ada beberapa jenis rempah-rempah yang sebaiknya dihindari oleh Anda para pelaku diet yang memiliki golongan darah B. Sebut saja kayu manis dan lada. Anda juga sebaiknya tidak menambahkan minyak biji bunga matahari, minyak jagung, dan minyak wijen karena dapat memicu beberapa jenis gangguan kesehatan. Peterseli dan bumbu kari juga termasuk ke dalam rempah-rempah yang bermanfaat untuk Anda para pelaku diet yang bergolongan darah B.

Ada tips singkat yang mungkin akan bermanfaat bagi Anda pemilik golongan darah B yang saat ini sedang menjalankan program diet.  Pastikan bahwa Anda mendapatkan asupan protein yang cukup dalam tubuh Anda.  Jangan lupa untuk tetap perbanyak konsumsi buah dan sayur tepatnya buah dan sayur yang bermanfaat untuk tubuh Anda. Perbanyak asupan sayuran dan buah serta batasi jumlah asupan karbohidrat setiap kali Anda makan. Hindari mencampur karbohidrat dan bji-bijian ke dalam makanan yang sama.

Perlu Anda ketahui juga bahwa sistem metabolisme Anda dapat mencerna hampir semua jenis makanan dengan baik. Misalnya saja jenis daging (kecuali ayam), produk olahan susu, ikan, sereal, kacang-kacangan, buah, dan sayuran. Tak heran jika pantangan makanan pada pelaku diet yang bergolongan darah B tak sebanyak pantangan pada pelaku diet golongan darah lainnya. Tertarik untuk mencoba? Silahkan praktikan beberapa informasi di atas dan tetap patuhi pola dan aturan makan sesuai dengan golongan darah agar tubuh tetap sehat.
Description: 6 Bahan Menu Diet yang Bermanfaat untuk Anda Bergolongan Darah B
Rating: 4.5
Reviewed by: Bail Jason
On: 8:23 PM
Powered by Blogger.
TOP