Gerakan Senam Ibu Hamil 9 Bulan Untuk Mempersiapkan Persalinan

Memasuki usia kehamilan 9 bulan merupakan fase paling krusial dari keseluruhan proses mengandung anda. Pada usia kehamilan 9 bulan inilah masa di mana fisik anda harus di persiapkan dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi proses persalinan yang hanya tinggal menunggu hari. Oleh karena itu pada fase ini anda di tuntut untuk tetap rajin melatih kekuatan fisik anda agar persalinan yang di hadapi nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Cara yang bisa di lakukan untuk mempersiapkan fisik guna menghadapi persalinan adalah dengan cara melakukan senam ibu hamil 9 bulan. Dengan melakukan senam maka kebugaran tubuh anda akan tetap terjaga. Selain itu gerakan-gerakan yang ada dalam senam hamil 9 bulan ini juga sangat baik untuk melatih kelenturan otot-otot panggul anda dan memperkuat rahim.

Berikut ini adalah beberapa gerakan senam ibu hamil 9 bulan yang sangat baik untuk mempersiapkan diri menghadapi persalinan.

Gerakan Meditasi
Mulailah sesi senam anda dengan posisi duduk bersila seperti orang yang sedang bermeditasi dalam senam yoga. Letakkan kedua tangan anda di atas paha, posisikan punggung tegak lurus. Anda tidak boleh membungkuk pada saat melakukan gerakan ini untuk menghindari terjadinya nyeri pada punggung anda. Setelah mengambil sikap duduk bersila yang sempurna, lakukanlah latihan pernafasan.

Sesi ini bisa anda lakukan selama 10-15 menit sebelum melanjutkan pada gerakan yang selanjutnya. Gerakan yang pertama ini sangat baik untuk mempersiapkan ibu hamil 9 bulan dalam menghadapi persalinan, terutama untuk melatih pernafasan agar tetap kuat pada saat proses persalinan berlangsung nanti.

Gerakan Merangkak
Gerakan senam ibu hamil 9 bulan yang kedua adalah dengan melakukan posisi merangkak. Caranya yaitu dengan meletakkan kedua lutut dan kedua telapak tangan anda di lantai layaknya bayi yang sedang merangkak. Posisikan punggung anda dengan kepala lurus, setelah mengambil sikap sempurna seperti itu selama beberapa detik lanjutkan dengan menundukkan kepala. Pandangan arahkan ke perut. Angkat pinggang anda hingga dengan menahan  nafas pada perut. Lakukan gerakan ini dalam beberapa kali pengulangan. Gerakan ini bermanfaat untuk melatih kekuatan otot perut dan panggul sewaktu mengejan pada saat melahirkan nanti.

Gerakan Kupu-kupu
Gerakan kupu-kupu di awali dengan mengambil posisi duduk di lantai seperti biasanya, sebelumnya anda perlu menggunakan matras sebagai alas. Setelah itu sandarkan punggung anda ke dinding dengan posisi yang tegak lurus. Setelah itu satukan kedua telapak kaki anda, gunakan kedua tangan untuk mendorong. Setelah itu dorong lutut semampu anda ke arah depan, tahan beberapa detik kemudian kembali ke posisi semula. Lakukan beberapa kali pengulangan dalam satu sesi selama 10 – 15 menit.

Gerakan ini bermanfaat untuk melatih kekuatan otot paha agar dan mengurangi rasa nyeri pada punggung yang sering di alami pada saat hamil 9 bulan. Selain itu gerakan ini juga berguna untuk meningkatkan elastisitas otot-otot panggul anda sehingga persalinan yang akan anda hadapi dapat berjalan dengan lancar.

Gerakan Jongkok
Gerakan senam ibu hamil 9 bulan untuk mempersiapkan persalinan yang terakhir yaitu gerakan jongkok. Gerakan ini merupakan gerakan yang paling mudah namun dapat memberikan manfaat yang paling besar. Cara melakukannya adalah dengan mengambil posisi berdiri tegak, kemudian gerakan tubuh anda ke bawah hingga ke posisi berjongkok. Usahakan pada saat tubuh anda turun ke bawah posisi punggung tetap lurus. Setelah itu tahan beberapa menit semampu anda kemudian lakukan pengulangan.


Gerakan ini berguna untuk memperkuat otot paha dan meningkatkan elastisitas otot panggul. Selain itu gerakan ini juga dapat membuat rongga rahim anda menjadi lebih lentur sehingga saat persalinan tiba dapat meregang dengan maksimal.
Description: Gerakan Senam Ibu Hamil 9 Bulan Untuk Mempersiapkan Persalinan
Rating: 4.5
Reviewed by: Bail Jason
On: 11:59 PM
Powered by Blogger.
TOP