Gerakan Senam Untuk Menguatkan Rahim Pada Ibu Hamil 5 Bulan

Hamil bukanlah alasan bagi anda untuk duduk diam di rumah dan bermalas-malasan sepanjang hari. Justru pada saat hamil anda di tuntut untuk lebih aktif bergerak dan beraktivitas agar tubuh anda tetap bugar. Terutama pada saat usia kandungan anda menginjak bulan ke lima, masa ini adalah masa paling penting untuk menjaga rahim agar tetap kuat menopang janin hingga hari persalinan tiba.

Untuk menjaga kebugaran ibu hamil 5 bulan sekaligus memperkuat rahim anda bisa melakukan olahraga-olahraga ringan setiap hari. Cukup dengan latihan secara rutin selama setengah jam setiap pagi dan sore hari sudah lebih dari cukup untuk menjaga kesehatan anda dan calon  buah hati.
Gerakan senam untuk menguatkan rahim pada ibu hamil 5 bulan berikut ini dapat anda praktekkan di rumah sebagai latihan rutin anda setiap hari

1. Posisi Berbaring
Gerakan senam ibu hamil 5 bulan yang paling berdampak untuk meningkatkan kekuatan rahim yang pertama adalah gerakan berbaring miring di atas matras. Anda bisa menggunakan sisi tubuh sebelah kiri berada di bawah terlebih dahulu untuk mengawali gerakan ini. Gunakan bantal untuk mengganjal kepala anda. Setelah mengambil posisi berbaring miring selama beberapa detik, tarik kedua kaki anda menekuk ke arah perut semampu anda.

Jika lutut anda di rasa mampu di tarik hingga menyentuh perut itu lebih baik. Tahan beberapa detik sambil mengatur nafas secara teratur. Setelah itu kembalikan posisi kaki menjadi lurus seperti semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 5-7 kali kemudian ganti posisi berbaring anda dengan bagian tubuh sebelah kanan berada di bawah.

Gerakan ini sangat bagus untuk melatih kekuatan otot-otot yang ada di sekitar panggul dan membuatnya menjadi lebih elastis. Jika di lakukan secara rutin gerakan ini juga dapat meningkatkan tingkat elastisitas dan kekuatan otot-otot pada dinding rahim anda.

2. Posisi Duduk
Gerakan senam untuk menguatkan rahim pada ibu hamil 5 bulan berikutnya yaitu dengan gerakan senam dengan posisi duduk. Gerakan ini cukup mudah di lakukan dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. 

Anda bisa melakukannya kapan saja anda memiliki waktu luang. Cara memulai gerakan senam duduk ini adalah dengan mengambil sikap duduk bersila di atas matras layaknya sedang melakukan meditasi. Sandarkan punggung anda ke dinding, usahakan agar posisi punggung dan kepala tegak lurus menyandar pada dinding. 

Lakukan latihan pernafasan selama beberapa menit.
Setelah di rasa cukup gerakan selanjutnya adalah dengan menggerakkan kedua kaki lurus ke depan (selonjor). Letakkan kedua telapak tangan anda di lantai sejajar dengan panggul. Setelah itu angkat kaki sebelah kiri kemudian tahan selama 10 detik, kembalikan ke posisi semula. Tukar posisi dengan mengangkat kaki sebelah kanan dan tahan selama 10 detik lalu kembali seperti semula. Lakukan pengulangan pada gerakan ini selama beberapa kali semampu anda.

Setelah di rasa cukup kembalilah ke posisi duduk bersila, atur kembali pernafasan anda. Setelah di rasa cukup rileks, ambil posisi seperti orang yang sedang push up. Usahakan kedua siku anda membentuk garis lurus sehingga keseluruhan tubuh dari kepala hingga ke ujung tumit membentuk kemiringan 30-45 derajat. 

Setelah posisi anda sempurna tahan selama beberapa detik kemudian gerakan kepala menunduk melihat ke arah perut, tahan beberapa detik. Kembali ke posisi semula kemudian tekuk punggung ke arah bawah, gerakan pandangan anda ke atas menatap langit-langit. Tahan selama beberapa detik kemudian kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan ini dengan beberapa kali pengulangan semampu anda.


Selamat mencoba.
Description: Gerakan Senam Untuk Menguatkan Rahim Pada Ibu Hamil 5 Bulan
Rating: 4.5
Reviewed by: Bail Jason
On: 12:01 AM
Powered by Blogger.
TOP