7 Tips Merawat Mesin Diesel pada Mobil Isuzu Surabaya

Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa mobil diesel itu rumit dan susah perawatannya dibandingkan dengan mobil lainnya. Sebenarnya itu adalah sebuah anggapan yang salah, perawatan mobil pada umumnya sama dan semua tergantung kepada pemilik masing-masing. Anda yang saat ini berencana ingin membeli mobil diesel maka silahkan datang dan kunjungi showroom isuzu surabaya. Nanti anda akan menemukan pilihan mobil diesel yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta keinginan anda.

Mungkin muncul pertanyaan anda setelah membeli mobil diesel ini, bagaimana cara merawat mobil diesel agar tidak cepat rusak? Kami akan bagikan nanti beberapa tips atau cara perawatan mobil diesel yang bisa andacoba ikuti. Agar mesin mobil diesel selalu terawat dan selalu dalam performa yang baik maka silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Gunakan Sparepart Asli

Mengapa harus menggunakan Sparepart asli? Tujuannya adalah agar mobil tetap terjaga dengan baik alias awet. Memang benar Sparepart palsu banyak dijual di pasaran dengan harga yang sangat murah akan tetapi kualitasnya tidak bagus dan tidak akan tahan lama. Jika anda menggunakan Sparepart asli maka mobil anda akan komponen mobil ataupun sparepart akan jauh dari kerusakan dini. Satu hal lagi merawat mobil diesel agar awet juga tergantung dengan jenis Sparepart yang digunakan tentu saja yang asli jauh lebih aman.

Pastikan Mengganti Filter Solar dan Oli Berkala

Salah satu tips dalam merawat mobil diesel agar selalu awet ialah dengan memperhatikan bagian filter bahan bakarnya. Perlu anda ketahui perawatan rutin harus menilik pada penggantian filter solar secara berkala. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimal masuknya kotoran yang masuk dalam mesin mobil tersebut.

Pastikan Selalu Menggunakan Oli Mesin yang Sesuai

Ingat selalu ya, sebaiknya gunakan oli yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan mobil diesel anda. Sebenarnya ada banyak sekali macam dan varian oli akan tetapi ada jenis oli yang memang dirancang untuk menjaga performa mesin diesel dan memang khusus untuk kebutuhan mobil-mobil diesel. Tidak hanya berlaku untuk mobil Isuzu saja akan tetapi juga berlaku untuk semua jenis kendaraan yang menggunakan mesin diesel.

Gunakan Bahan Bakar Solar yang Berkualitas Baik

Memang solar dengan kualitas terbaik tentu harganya juga mahal contohnya bahan bakar seperti Solardex dari perusahaan Pertamina merupakan salah satu pilihan yang baik. Meskipun harga solar terbaik harganya mahal akan tetapi kualitas yang diberikan untuk menjaga mesin diesel mobil anda juga tidak main-main. Namun kami sarankan untuk mobil diesel jenis lama atau tua sebaiknya gunakan jenis solar biasa saja.

Jangan Gunakan Mobil Hingga Tangki Kosong atau Minim

Tahukah anda bahwa tangki solar mobil Isuzu anda jika mencapai kondisi minim bahkan kosong maka akan memicu terjadinya pengembunan? Pengembunan tersebut malah akan membuat filter solar mobil diesel menjadi rusak. Biasanya hal ini sering terjadi pada mobil-mobil diesel generasi lawas atau sudah tua. Bagi mobil diesel keluaran terbaru sebaiknya anda segera isi bahan bakar setelah muncul tanda peringatan bahan bakar minim agar mesin selalu terjaga dengan baik.

Jangan Langsung Matikan Mesin Mobil Diesel

Setelah anda menggunakan mobil diesel jangan langsung mematikan mesinnya, setidaknya beri jeda waktu 5 menit mesin tetap menyala. Langsung mematikan mesin mobil diesel setelah melakukan perjalanan sama halnya tidak mesin untuk rileks sesaat. Dan hal tersebut parahnya dapat memperpendek umur mesin mobil diesel anda. Jadi jangan asal matikan ya agar mesin terjaga dengan baik serta tentunya tahan lama.

Panaskan Mobil Diesel Sebelum Digunakan

Sama halnya dengan orang yang berolahraga tentu perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu.  Begitu juga dengan mobil Isuzu diesel dan mobil mesin diesel lainnya yang butuh dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan, sebaiknya panaskan mesin selama 10 menit. Apa tujuannya? Tujuannya yakni memberikan pelumasan pada seluruh bagian pada mesin tersebut. Tidak hanya itu tujuan lainnya yakni untuk menghindari dari kurangnya performa saat mobil dikendarai nanti.

Jadi apabila anda menginginkan mobil diesel anda selalu terjaga dengan baik dan mesinnya tidak cepat rusak pastikan untuk mengikuti beberapa tips diatas yang telah kami bagikan.