Cara Memperbanyak ASI untuk Ibu Bekerja dengan Aman

Kehidupan yang makin kompetitif menuntun setiap individu untuk selalu produktif dalam hidupnya. Seorang wanita karir tentunya memiliki tingkat kesibukan sangat tinggi. Terlebih lagi wanita yang bekerja di kantoran. Tentunya jam kerja yang padat, belum lagi jika anda adalah orang yang tinggal di wilayah perkotaan yang harus dihadapkan dengan kemacetan yang cukup menguras waktu lama untuk berangkat hingga pulang dari kantor.

Bagi wanita karir memiliki waktu luang adalah hal yang sulit untuk dilakukan.  Terlebih lagi bagi wanita karir pasca melahirkan, biasanya seorang wanita yang memiliki karir dan pekerjaan tetap ketika sudah melahirkan akan mengambil cuti melahirkan. Namun biasanya waktu untuk cuti tersebut adalah sekitar 1 hingga maksimal 3 bulan lamanya.

Tentunya waktu tersebut belum cukup untuk memenuhi kewajibannya sebagai seorang ibu untuk memberikan ASI eksklusif bagi bayi yang baru dilahirkannya. Karena ASI eksklusif bagi bayi minimal diberikan dari umur 0 hingga 6 bulan lamanya. Lalu bagaimana cara memperbanyak ASI untuk ibu bekerja, ditengah kesibukannya yang padat.

Tips Memperbanyak ASI untuk Ibu Bekerja yang Baru Melahirksan

ASI sebagai nutrisi terpenting bagi bayi adalah salah satu yang harus menjadi perhatian seorang ibu untuk anaknya. Pekerjaan bukanlah hal yang menjadi halangan bagi seorang ibu untuk tidak memberikan kebutuhan ASI bagi bayinya. Berikut adalah cara memperbanyak ASI untuk ibu bekerja :

  • Luangkan dalam waktu senggang atau waktu dimana anda bisa menyusui anak. Jika pekerjaan seorang ibu karir berada di kantor , jelaslah ia hanya memiliki waktu di malam hari untuk menyusui anaknya. Usahkan dalam sehari terdapat waktu khusus untuk menyusui bayi anda, hal ini sangat penting karena bayi setidaknya dalam sehari harus bersentuhan langsung dengan payudara ibunya. Rangsangan bayi untuk meminum sussu langsung dari ibunya ini juga akan membantu menstimulus ASI memproduksi lebih banyak.
  • Lakukan pemompaan ASI saat bekerja di kantor, hal ini dapat dilakukan pada saat waktu istirahat atau waktu senggang di kantor dengan memilih tempat yang semestinya dan aman. Hal ini bertujuan agar payudara terbiasa untuk memproduksi ASI, jika jarang di pompa atau di keluarkan maka bisa kemungkinan anda sebagai wanita merasa sakit di bagian payudara atau bisa saja nantinya justru produksi payudara anda semakin berkurang bahkan sulit untuk memproduksi ASI. Seperti diketahui bahwa lebih seringnya ASI di berikan akan membuat ASI anda semakin banyak. Tapi jika tidak selalu di rangsang dan di stimulus untuk keluar, maka besar kemungkinannya juga produksi ASI berkurang. Cara memompa Asi dapat anda lihat di berbagai situs lainnya, namun harus selalu pastikan alat pompa ASI yang di pergunakan sudah bersih dan aman untuk anda. Jangan sampai membeli atau menggunakan barng yang justru akan memberikan efek negatif.
  • Lakukan pemijatan di sekitar area payudara anda, kurangnya produksi ASI membuat payudara akan sedikit mengalami sakit karena tidak di berikan secara langsung pada bayi. Maka dari itu pemijatan ini sebagai salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit pada payudara. Pemijatan dilakukan secara rutin dalam sehari yaitu saat bangun tidur , saat waktu istirahat di kantor sebelum anda memompa ASI dan juga pada saat sebelum tidur. Pemijatan ini juga berfungsi untuk menstimulus produksi ASI lebih banyak. Pemijatan ini dapat anda lakukan sendiri dengan cara memijat dari ujung pangkal payudara di area puting lalu ke arah dalam sampai ke dada dengan menggunakan 2 jari. Cara lain dalam pemijatan adalah dengan melakukan pemijatan secara melingkar di sekitar area payudara.
  • Walaupun anda tidak memberikan ASI eksklusif secara langsung pada anak anda. Tapi tetap pastikan anak anda mendapat nutrisi ASI tersebut, maka anda harus menyiapkan ASI dengan jumlah tertenu setiap harinya. Agar anak anda yang masih bayi pada saat lapar dan menangis akan meminum ASI dengan menggunakan dot yang sebelumnya sudah anda siapkan. Selain itu juga penuhi nutrisi tubuhnya dengan baik, dengan menjaga pola makan dan pola hidup anda karena akan mempengaruhi juga pada bayi. Mengkonsumi makanan yang tepat saat akan berangkat ke kantor dan waktu makan siang. Usahakan juga tidak telat makan karena akan membuat produksi ASI juga berkurang jika anda lelah namun tidak ada energi dan nutrisi bergizi yang masuk di dalam tubuh.
  • Tetap seimbangkan dengan olahraga yang cukup. Olahraga ringan yang dapat dilakukan adalah yoga seminggu sekali, hal ini akan menambah kebugatan tubuh dan anda menjadi fit. Sehingga produksi ASI juga meningkat.

Mengetahui berbagai cara memperbanyak ASI untuk ibu bekerja ini sangat penting apalagi jika wanita tersebut adalah seorang manajer kantor ataupun wanita karir dengan kesibukan yang cukup padat. Tetap menjaga kesehatan dan selalu luangkan waktu untuk memanjakan diri baik untuk berolahraga santai yoga atau masage. Hal ini untuk menghilangkan stress karena rutinitas pekerjaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *